Hati-hati Penipuan Modus Minta Kode OTP

Penipuan jenis ini sebenarnya sudah modus lama, namun saya posting kembali supaya lebih berhati-hati.

Pasalnya masih saja ada yang tertipu dengan memberikan kode OTP nya kepada orang lain, padahal kode OTP ini bersifat rahasia dan fatal akibatnya jika di ketahui orang lain.

OTP adalah sebuah kode rahasia untuk masuk ke sebuah aplikasi atau web, dimana aplikasi MAXsi atau TRXKU juga menggunakan system ini, sebenarnya system ini sudah sangat aman jika pengguna aplikasi mengerti paham dan sadar dengan apa yang ia lakukan.

Modus penipu biasanya menelpon dengan data-data yang lengkap menjanjikan HADIAH BONUS dan lain sejenisnya, bahkan kadang id agen dan nomor hp anda pun dia tau, entah dari mana dapatnya data tersebut, terkadang penipu pandai bersilat lidah hingga anda sendiri yang menybutkan id agen bahkan tanpa sadar menyebutkan kode OTP yang masuk ke SMS di nomor hp anda.

Jadi di mohon untuk selalu mengingat-ngingat untuk jangan memberikan Kode OTP kepada siapapun, termasuk pihak yang mengatasnamakan Cs server atau bahkan pemilik server dan lain sejenisnya.

Bukan kami saja yang menggunakan system OTP ini, bahkan bank bank BUMN juga sama menggunakan system ini, jadi kelemahan bukan dari system tapi dari sisi pengguna yang kurang memahami apa itu OTP.

Apa yang terjadi jika OTP ini diketahui oleh penjahat penipu dll, yang terjadi adalah dia akan masuk ke aplikasi anda dan melakukan transaksi, dalam hitungan menit semua saldo anda akan habis entah dikirim ke mana nya pun tidak akan mudah untuk melacaknya, karena setelah dikirimakan ke nomor tujuan 1, maka dalam detik itu juga dia akan mengirimkan lagi ke nomor lainnya, dan nomor lainnya lagi begitu terus pindah2 lokasi, ada yang di sumatera, jakarta, bogor, lampung, sulawesi, dan lain-lain, makanya kasus seperti ini susah sekali bagi polisi untuk mengusut nya.

Parahnya lagi, kadang pulsa itu di isikan ke orang yang benar-benar mengisi pulsa dan sudah membayar kepada penipu itu, jadi sangat ribet sekali jaringannya, jadi kami mohon untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun dengan alasan apapun. kode OTP hanya digunakan untuk login aplikasi saja, jangan sampai orang lain tau.

 

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*